itnewsgroups.net

Website lifestyle dan berita terbaru

Cara Tepat Dalam Menjalankan Defisit Kalori dengan Baik
Lifestyle

Cara Tepat Dalam Menjalankan Defisit Kalori dengan Baik

Melakukan diet dengan defisit kalori merupakan cara untuk menurunkan berat badan dengan memangkas asupan kalori yang masuk ke tubuh. Akan tetapi, pengurangan kalori yang masuk kedalam tubuh tersebut tidak disarankan jika terlalu berlebihan, sebab hal tersebut dapat berefek ke stamina seseorang yang akan menjalankan berbagai aktivitas setiap harinya.

Pada artikel kesehatan kali ini juga akan menjelaskan bahwa Anda bisa melakukan pengurangan kalori maksimal 500 kali  dari jumlah kalori harian bagi tubuh. Dengan mengurangi asupan hingga 500 kalori dari kalori harian Anda sudah sangat cukup untuk mendukung program diet defisit kalori Anda dan tidak terlalu berdampak terhadap stamina dan kebugaran tubuh.

Perlu diketahui juga bahwa kebutuhan kalori harian manusia berbeda-beda. Terdapat berbagai faktor yang melandasi. Mulai dari tinggi badan, jenis kelamin, usia, aktivitas, berat badan hingga sistem metabolisme tubuh masing-masing orang. Di bawah secara garis besar akan dijelaskan cara terbaik untuk menjalankan diet defisit kalori dengan baik.

1.       Menghindari Minuman Manis

Anda dapat mencapai defisit kalori sampai ratusan bahkan ribuan jika benar-benar menghindari minuman manis, contohnya jus buah, kopi manis, soda atau minuman kemasan yang serba manis.

Selain itu, jenis minuman alkohol juga memiliki kalori yang tinggi. Bentuk kalori yang datang dari minuman manis sama sekali tidak membuat seseorang kenyang bahkan nafsu makan malah meningkat serta menyebabkan kenaikan berat badan secara drastis.

2.       Membatasi Makanan Olahan

Berikutnya adalah membatasi makanan olahan, dimana jenis makanan tersebut memiliki kalor yang sangat tinggi. Mengkonsumsi jenis makanan olahan bisa menambah dan menimbun kalori secara drastis. Selain itu, jenis makan ini kandungan gizinya sangat rendah, seperti rendahnya serat, mineral, vitamin, protein dan lain sebagainya.

3.       Melakukan Olahraga Rutin

Melakukan olahraga dengan rutin tentu dapat membantu pembakaran kalori di dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, Dengan melakukan olahraga akan mempermudah ketika akan menjalani program diet sebab Anda tidak perlu lagi mengurangi jumlah asupan terlalu banyak sebab dengan berolahraga Anda sudah bisa memangkas beberapa kalori, semakin keras olahraga tentu akan semakin banyak kalori yang terbuang.

4.       Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Mengkonsumsi air putih selain menyehatkan juga bisa mengurangi rasa lapar. Apabila Anda kombinasikan dengan program diet sehat. Mengkonsumsi air mineral, apalagi sebelum makan, memiliki potensi besar untuk menurunkan berat tubuh.

5.       Mengurangi Asupan Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu jenis makanan dengan kandungan kalori yang tinggi. Mengurangi makanan jenis ini dapat membantu Anda menjalankan program defisit kalori. Apabila Anda merasa kesulitan dan mempengaruhi stamina maka pilihlah jenis karbohidrat lain yang kaya akan serat namun rendah kalori. Seperti kentang, ubi, oatmeal, jagung, gandum dan lain sebagainya.

Pada artikel kesehatan kali ini, kita membahas seputar cara diet sehat agar bisa mencapai defisit kalori yang dianjurkan. Jangan sampai melakukan cara ekstrim untuk mencapai defisit kalori untuk menurunkan berat badan namun mempengaruhi kesehatan tubuh Anda.