itnewsgroups.net

Website lifestyle dan berita terbaru

Kenali 5 Ciri Menu Makanan Yang Menyehatkan Untuk Buah Hati
Parenting

Kenali 5 Ciri Menu Makanan Yang Menyehatkan Untuk Buah Hati

Jika ditanya makanan apa yang cocok dikonsumsi anak semasa tumbuh dan berkembang, maka jawabannya adalah makanan sehat. Tipe makanan ini dibutuhkan tidak hanya bagi anak – anak saja tetapi juga orang dewasa. Dimana makanan sehat mampu menunjang kebutuhan ragam nutrisi tubuh keseharian sehingga fungsi tubuh dapat bekerja dengan optimal. Selain itu, makanan sehat juga mendukung pembentukan sistem imunitas tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Apa yang disebut sebagai makanan sehat? Makanan sehat merupakan makanan yang diproses dengan higienis dan tidak menggunakan proses pemasakan bertahap sehingga kandungan nutrisinya masih baik. Makanan jenis ini dibutuhkan tubuh untuk lebih sehat dan mendukung pertumbuhan anak. Berikut ini merupakan beberapa ciri makanan sehat untuk anak :

  1.       Makanan kaya akan nutrisi

Makanan sehat untuk anak merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Kebutuhan nutrisi anak selama tumbuh dan berkembang disediakan dalam menu makanan yang disediakan. Baik dalam bentuk makronutrisi maupun mikronutrisi. Konsumsi makanan tersebut juga menunjang kebutuhan nutrisi tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas yang dilakukan. Makanan yang kaya nutrisi memperhatikan menu makanan seimbang sehingga mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

  1.       Makanan variative

Ciri makanan sehat untuk anak adalah makanan tersebut memiliki ragam yang bervariasi. Dimana menu makanan yang disediakan dapat berganti sesuai dengan pola konsumsi harian yakni 3 kali sehari. Hal ini dilakukan untuk menunjang kebutuhan nutrisi harian tubuh yang diperlukan selama menjalani keseharian tersebut. Dengan makanan yang berubah tiap konsumsinya maka kebutuhan nutrisinya saling melengkapi sehingga menyehatkan tubuh.

  1.       Tidak menggunakan banyak gula, garam dan bahan penyedap dalam makanan

Tiga bahan makanan diatas yakni gula, garam dan bahan penyedap diatur penggunaannya oleh Kementerian Kesehatan. Dimana konsumsi gula dan garam serta bahan penyedap yang berlebihan akan menyebabkan banyak permasalahan penyakit. Anda bisa terkena penyakit jantung maupun kadar kolesterol tinggi jika mengonsumsi ketiga jenis bahan makanan diatas dengan melebihi batas. Sehingga makanan sehat untuk anak tidak menggunakan ragam komponen tersebut berlebihan.

  1.       Tidak melalui proses pemasakan bertahap

Proses pemasakan makanan sehat untuk anak yang bertahap akan mengurangi kandungan nutrisi dalam makanan tersebut. Proses pemasakan makanan yang bertahap missal setelah dikukus lalu digoreng akan menyebabkan kandungan nutrisi rusak dan menyebabkan kandungan nutrisi tidak dapat dikonsumsi tubuh. Ada baiknya mengonsumsi makanan yang sekali proses saja seperti makanan yang dikukus atau rebus sejenis soup maka akan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

  1.       Proses pemasakanan makanan berlangsung hygienis

Dimana proses pemasakan makanan yang memperhatikan higienitas akan menyebabkan produk menjadi aman dikonsumsi. Bila piranti masak maupun peralatan dapur yang digunakan tidak memperhatikan higienitas maka akan menyebabkan sakit dan tidak aman dikonsumsi oleh anak. Sebab itu, jika anda sakit perut setelah konsumsi makanan berarti makanan anda tidak higienis.