itnewsgroups.net

Website lifestyle dan berita terbaru

Ciri Ciri Anak Autis yang Bisa Dilihat Sejak Usia Dini, Cek Disini
Parenting

Ciri Ciri Anak Autis yang Bisa Dilihat Sejak Usia Dini, Cek Disini

Ciri ciri anak autis sebenarnya sudah dapat diperhatikan oleh para orangtua ketika si kecil masih berusia dini. Salah satu ciri yang paling terlihat adalah mereka jarang melakukan kontak mata maupun kurang responsive apabila sedang anda ajak bicara. Kendati demikian, gejala-gejala autis yang terjadi sejak dini pada anak mungkin akan berbeda-beda.

Autisme sendiri merupakan salah satu gangguan perkembangan pada anak dimana dapat menyebabkan kemampuan anak dalam berkomunikasi maupun bersosialisasi akan terganggu. Hingga saat ini, penyebab dari gangguan ini pun belum dapat diketahui secara pasti. Tetapi biasanya dapat meningkat karena faktor genetik maupun lingkungan.

Ciri ciri anak autis dilihat sejak dini

Sebagai orang tua memang sudah diwajibkan untuk mengetahui bagaimana kondisi anak sejak masih bayi. Hal tersebut untuk melihat bagaimana tumbuh kembang buah hati anda sehingga apabila terdapat keanehan seperti gangguan autis, maka anda bisa segera melakukan perawatan sejak dini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gejala atau ciri autis pada anak memang cukup banyak dan setiap anak mungkin juga anak menunjukkan kondisi yang berbeda-beda. Daripada bingung, berikut ini loh ciri ciri anak autis.

  1. Tidak pernah melakukan kontak mata

Untuk mengetahui tanda awal anak anda mengidap autis maka dapat dilihat melalui kontak mata yang mereka miliki. Biasanya anak yang mengidap autis sangat jarang bahkan tidak pernah melakukan kontak mata kepada siapapun termasuk orantuanya sendiri.

Sebuah penelitian yang diterbitkan didalam jurnal nature menyebutkan apabila bayi dengan gangguan autis akan menunjukkan adanya kontak mata yang semakin menurun pada usia 2 hingga 6 bulan.

  1. Tidak memberikan respon ketika diajak berbicara

Selain tidak melakukan kontak mata, ciri ciri anak autis berikutnya adalah tidak memberikan respon ketika diajak berbicara. Ini tentu berbeda dengan bayi normal dimana akan langsung menunjukkan reaksi ketika mendengar suara orang lain.

Apabila si kecil nampak diam dan tidak tertarik sama sekali untuk merespon anda, besar kemungkinan menunjukkan adanya gejala autis. Hal tersebut juga dapat dilihat dari ekspresi wajahnya.

  1. Tidak pernah mengoceh

Umumnya sebelum mulai berbicara, bayi memang akan mulai untuk mengoceh, atau bereksperimen dengan suaranya sekitar usia 6 bulan. Tetapi pada bayi yang mengidap autis biasanya akan menunjukkan ocehan pada umur 6 hingga 9 bulan.

  1. Berjuang untuk melakukan komunikasi

Menginjak usia anak-anak atau balita, bayi yang mengidap autis biasanya akan memiliki perjuangan yang lebih ekstra untuk berkomunikasi dengan orang lain. Disamping itu, biasanya mereka juga tidak begitu tertarik buat melakukan komunikasi dengan orang lain.

Semakin dini mendeteksi adanya gangguan autis pada anak, maka sebagai orangtua tentu bisa mengambil langkah terbaik untuk memberikan perawatan kepada mereka seperti dengan mengikutkan terapi intensif. Demikian beberapa ciri ciri anak autis yang harus diketahui.