itnewsgroups.net

Website lifestyle dan berita terbaru

Cek Warna Darah Menstruasi dan Artinya yang Wajib Diketahui
Kesehatan

Cek Warna Darah Menstruasi dan Artinya yang Wajib Diketahui

Ternyata terdapat warna darah menstruasi yang keluar loh. Apakah anda sudah mengetahuinya? Siklus menstruasi menjadi salah satu siklus yang terjadi pada setiap wanita yang sudah menginjak usia puberstas. Proses ini sendiri bisa terjadi selama kurang lebih 3-7 hari. Tetapi masa tersebut juga tergantung dengan kondisi masing-masing orang.

Menstruasi sendiri dapat terjadi apabila dinding Rahim luruh yang sudah disiapkan untuk proses kehamilan. Apabila tidak terjadi adanya pembuahan sel telur oleh sel sperma, maka wanita akan mengalami proses menstruasi setiap bulannya. Tetapi, setiap wanita ternyata mempunyai siklus haid yang berbeda-beda.

Warna darah menstruasi yang wajib diketahui

selama masa haid, apakah anda pernah memperhatikan darah yang keluar tersebut dan apakah anda yang aneh seperti darah tidak keluar dengan warna biasanya. Yang perlu anda ketahui adalah, setiap darah yang keluar selama masa haid ternyata memiliki warna berbeda-beda. Normalnya, darah menstruasi aman mempunyai warna merah.

Selain itu, perbedaan warna ternyata juga bisa menunjukkan bagaimanakah kondisi kesehatan seorang wanita. Untuk lebih jelasnya, langsung saja ketahui warna darah menstruasi dan artinya yang wajib diketahui.

  1. Merah mudah

Warna yang pertama adalah merah muda dimana biasanya akan muncul di awal haid maupun menjelang siklus selesai haid. Kondisi seperti ini biasanya ditandai dengan darah merah mudah karena rendahnya kadar estrogen didalam tubuh. Adapun darah dengan warna ini mungkin merupakan lokia yakni darah nifas.

  1. Merah menyala

Selain itu, terdapat juga darah dengan warna merah menyala biasanya akan berlangsung selama beberapa hari dan warnanya akan memudar dan menjadi gelap. Tetapi sebaiknya anda harus berhati-hati karena jika warnanya berlangsung dalam waktu lama maka bisa menjadi gejala infeksi seperti gonorrhea hingga fibroids.

  1. Merah gelap

Darah menstruasi pun ternyata juga bisa keluar dengan warna merah gelap. Adapun darah merah gelap inipun juga bisa menjadi tanda apabila wanita masih mengeluarkan adanya darah nifas alias lokia. Tetapi apabila warnanya merah gelap ternyata bisa menjadi tanda apabila menstruasi tersebut akan segera berakhir.

  1. Berwarna cokelat

Selain mempunyai warna merah, darah yang keluar ketika menstruasi juga bisa berwarna cokelat. Ini disebabkan karena kadar progesterone didalam Rahim menunjukkan jumlah rendah. Itulah mengapa terkadang darah berwarna coklat membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar. Ini juga menjadi tanda apabila siklus mens segera berakhir.

  1. Abu-abu

Apabila darah menstruasi anda menunjukkan warna abu-abu dan sedikit hitam, maka ada baiknya untuk segera membicarakannya dengan dokter. Hal tersebut karena bisa saja, kondisi seperti ini menjadi tanda adanya infeksi Rahim. Biasanya juga akan ditandai dengan gejala lain seperti demam, nyeri hingga gatal di sekitar miss V.

Menstruasi menjadi salah satu kondisi dimana terjadi pada wanita setiap bulannya. Warna darah yang keluar ketika masa haid ternyata akan menunjukkan beberapa kondisi tertentu. Demikian beberapa jenis warna darah yang wajib diketahui. Cek di charmgirlstalk.com untuk mengetahui info menstruasi