itnewsgroups.net

Website lifestyle dan berita terbaru

Asupan Omega 3 untuk Anak Aktif dan Cerdas
Parenting

Asupan Omega 3 untuk Anak Aktif dan Cerdas

Pemberian omega 3 untuk anak aktif dan cerdas seharusnya sudah dilakukan sejak awal kehamilan. Apalagi asam lemak omega 3 terkenal mampu memberi kesehatan pada orang dewasa, khususnya dalam hal menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Termasuk dalam tumbuh kembang anak, tentu peran yang dimiliki asam lemak ini sangat penting dan tidak bisa diabaikan begitu saja.

Omega 3 mengambil peran besar dalam berbagai aspek kesehatan si kecil, mulai dari membantu membentuk imunitas tubuh, menjaga kesehatan jantung dan fungsi otak, serta memberikan pengaruh baik terhadap perkembangan janin. Maka dari itu, asam lemak esensial ini harus selalu terpenuhi, meskipun pada kenyataannya tubuh manusia tidak bisa memproduksinya. Lalu, bagaimana cara mendapatkan kandungan nutrisi ini? Yaitu dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung asam lemak esensial omega 3. Mulai dari suplemen minyak ikan, minyak nabati, hingga kacang-kacangan, Anda bisa mengkonsumsi makanan-makanan tersebut untuk memperoleh nutrisi omega 3.

Menurut beberapa penelitian yang telah mengungkap seberapa besar manfaat kandungan omega 3 pada perkembangan anak, mulai dari mengurangi keparahan asma, meningkatkan mood dan fungsi otak, membantu imunitas atau daya tahan tubuh menguat, memperbaiki kualitas tidur, hingga memperbaiki gejala penyakit ADHD (gangguan pemusatan hiperaktif dan perhatian).

Mengapa Tubuh Anak Sangat Membutuhkan Omega 3?

Selain mineral dan vitamin, kandungan asam lemak omega 3 untuk anak setya minyak ikan adalah suplemen yang paling banyak masyarakat butuhkan saat ini. Hal tersebut tentu sesuai dengan fungsi dan manfaat yang diberikannya untuk tubuh, apalagi tidak diproduksi dan hanya bisa diperoleh dari luar saja. Asam lemak esensial omega 3 sangat dibutuhkan untuk kesehatan otak dan ketika melawan peradangan. Sumber asam lemak ini secara umum dapat ditemukan pada makanan yang kita konsumsi.

Omega 3 dikategorikan menjadi 3 tipe yang terdiri dari:

  • DHA (docosahexaenoic acid)
  • EPA (eicosapentaenoic acid)
  • ALA (alpha-linolenic acid)

Kebutuhan nutrisi ini dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi flax, kacang walnut, minyak sayur, serta beberapa sayuran jenis daun. Tubuh si kecil sangat membutuhkan bantuan omega 3 untuk mengurangi terjadinya inflamasi yang dapat menyumbat pembuluh darah. Selain itu, juga membantu meminimalisir penyakit autoimun yang sering menyerang si kecil. Asam lemak esensial ini akan menekan risiko penyumbatan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan kematian dengan cara mengencerkan darah. Karena darah menjadi encer, pembekuan darah ketika terjadi luka gores bisa bekerja cukup lama. Jadi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu suplemen omega 3 yang dikonsumsi anak kepada dokter ahli.

Omega 3 Membantu Mencerdaskan Anak

Beberapa penelitian sudah mengungkapkan dengan jelas manfaat dari pemberian asam lemak esensial omega 3 pada anak. Apalagi untuk membantu fungsi otak bekerja secara optimal, Anda dapat memberikan suplemen ini secara rutin kepada si kecil dalam dosis yang pas. Omega 3 memberi pengaruh positif terhadap fungsi kognitif anak-anak, oleh sebab itu dikatakan membantu mencerdaskannya.

Jadi, apabila Anda ingin memiliki anak yang cerdas dan selalu kreatif berpikir, maka berikan asupan omega 3 untuk anak yang ada dalam produk-produk SGM. Kunjungi juga situs Generasi Maju untuk memperoleh informasi pemberian omega 3 yang tepat untuk anak Anda.