itnewsgroups.net

Website lifestyle dan berita terbaru

6 Sajian Unik Kopi Gula di Indonesia
Others

6 Sajian Unik Kopi Gula di Indonesia

Indonesia tak hanya kaya akan jenis kopi, tetapi juga memiliki cara unik dalam penyajiannya. Penyajian yang unik ini salah satunya  muncul karena adat kebiasaan  masyarakat di daerah. Penyajian unik tiap daerah ini menjadi ciri khas penyajian di suatu daerah. Lebih jelasnya, simak cara penyajian unik kopi gula di daerah yang tersebar di Indonesia.

  1. Kopi Joss

Kata joss dalam kopi joss ini terinspirasi dari bunyi arang yang  dimasukkan ke dalam gelas isi kopi. Kopi celup arang ini berasal dari Yogyakarta. Cara menyajikannya cukup mudah dengan arang yang membara di tungku, akan diambil dan ditepuk hingga debunya hilang. Setelah itu arang membara akan dimasukkan ke dalam kopi yang telah diseduh dalam gelas.

  1. Gelas Terbalik

Kopi yang disajikan dengan cara membalikkan gelas ini berasal dari Aceh. Kopi yang telah diseduh di dalam gelas ini akan ditutup dengan piring kecil yang menutup sempurna bibir gelas. Kemudian gelas kecil ditekan dengan memegangi gelas berisi kopi agar tidak tumpah. Balik gelas dengan tetap menekan piring kecil dan pantat gelas secara cepat, lalu beri sedotan.

  1. Kopi Rempah

Sajian kopi satu ini juga bermanfaat untuk kesehatan karena adanya rempah. Rempah-rempah berupa cengkeh, jahe, kayu manis,  dan sereh, akan direbus bersama kopi. Setelah matang akan disaring dan ditambahkan irisan kenari sebagai topping. Deretan rempah  semakin memperkaya cita rasa kopi. Sajian kopi ini berasal dari daerah Ambon.

  1. Kopi Kasar

Kopi gula satu ini juga dikenal dengan sebutan kopi kopyok berasal dari kota Gresik, Jawa Timur. Dinamakan kasar karena biji kopi yang digunakan akan ditumbuk secara kasar. Kopi yang telah ditumbuk, akan dimasukkan dalam cangkir lalu tuangkan air panas ke dalamnya. Kopi dengan tekstur kasar akan memberikan sensasi berbeda saat ikut terkunyah.

  1. Kopi Daun

Cara unik penyajian kopi selama ini menggunakan biji kopi kecuali kopi daun asal Minangkabau satu ini. Bukan biji kopi yang akan diseduh, melainkan daunnya sehingga akan seperti minuman teh. Wadah yang digunakan pun tidak memakai gelas atau cangkir, tetapi dengan batok kelapa agar aroma yang dihasilkan lebih mantap dan menjaga rasa seduhan kopi.

  1. Kopi Takar

Kopi yang memiliki nuansa alam mulai dari bahan hingga wadah yang digunakan. Berasal dari daerah Sumatera Utara, kopi ini disajikan dengan wadah batok kelapa yang diukir menyerupai cangkir beserta tatakannya. Tak hanya itu, sedotan yang digunakan pun menggunakan kayu manis dengan pemanis kopi berupa gula aren. Kopi yang kaya akan cita rasa.

Masih banyak sajian unik yang berasal dari daerah di Indonesia seperti Bali dengan kopi tubruknya. Terdapat pula kopi saring, yang disajikan dengan cara menyaring bubuk kopi bersama tuangan air panas. Saringan akan ditarik berkali-kali kemudian berganti mug berkali-kali. Cara unik lainnya dengan merebus kopi gula secara langsung.