itnewsgroups.net

Website lifestyle dan berita terbaru

4 Tahapan Perkembangan Bayi 4 Bulan
Parenting

4 Tahapan Perkembangan Bayi 4 Bulan

Perubahan bayi baru lahir hingga berumur empat bulan lebih banyak menonjolkan ekspresi. Mulai mengenali anggota tubuhnya dan mencoba mengeksplornya. Banyak perubahan fisik yang terjadi pada usia ini. Penting bagi Ibu muda memahami tahapan perkembangan bayi 4 bulan.

Perkembangan Fisik

1.      Mengangkat Kepala

Saat diletakkan dengan posisi tengkurap, bayi akan mencoba mengangkat kepalanya. Saat ditegakkan, kakinya akan menjejak-jejak ke bawah. Menandakan ia sedang mengeksplor fungsi kaki. Saat didudukkan, kepala sudah mulai enteng dan tak perlu lagi ditopang.

2.      Berguling

Anggota tubuhnya mulai aktif hingga akan berguling saat ditidurkan. Ia akan mencoba berputar-putar untuk memindahkan posisinya dan senang melakukannya. Posisi apapun, dia akan selalu bergerak, berbicara dan mendorong sikunya.

3.      Belajar Merasakan

Sesuatu yang menarik perhatiannya  akan diambil dan dimasukkan ke mulut. Meskipun bayi baru lahir sudah merasakan asi untuk pertama kalinya, namun hanya sekadar itu yang diketahuinya.  Hindari pemakaian perhiasan saat menggendong karena dapat membahayakan jika termakan. Bayi akan menyukai benda yang bersinar, bergerak, bersuara dan bertekstur unik.

4.      Sense Kuat

Mata bayi mulai peka terhadap cahaya terang dan warna. Pergerakan mata sudah bergerak berbarengan. Konsultasikan ke dokter jika pergerakan mata tak terjadi bersamaan. Latih kognitif anak dengan menanyakan warna suatu benda untuk melatih mengingat warna.

Perkembangan Kognitif

1.      Responsif

Usia empat bulan sudah memahami sekitarnya, ia mengerti dengan orang yang menyayanginya. Saat seseorang memanggilnya, ia akan menunjukkan respon menoleh. Ia juga sudah bisa merespon gurauan yang ditujukan padanya.

2.      Ekspresif

Mulai mengekspresikan keinginannya pada orang-orang di sekitarnya. Namun karena belum bisa berbicara, ia hanya akan berceloteh untuk menunjukkan ekspresinya. Terkadang beberapa bayi hanya menangis saat ingin sesuatu ataupun menghindari sesuatu.

3.      Koordinasi Anggota Tubuh

Bayi sudah mulai mengenali anggota tubuhnya dengan memegangnya. Saat orang di sekitarnya memintanya menunjukkan anggota tubuh lainnya, ia mulai merespon. Saat menemukan benda yang menarik di matanya, kakinya akan menjejak dan tangan menggapai untuk meraihnya.

Perkembangan Sosial dan Emosional

Ia sudah mengerti bagaimana jika sedih, marah dan senang. Namun usia empat bulan lebih banyak tersenyum karena ia lebih sering bermain. Jika sedang bermain dan dihentikan tiba-tiba, bayi akan menangis. Ia akan memberitahu kapan ia tak ingin bermain lagi. Bayi mulai menirukan apapun yang ia lihat seperti mimik wajah.

Perkembangan Berbahasa

Dukung kemampuan bahasa anak dengan cara mengajaknya mengobrol layaknya orang dewasa. Jangan menggunakan bahasa bayi karena bayi akan mencoba mendengar setiap kata yang didengar. Gunakan kata yang asli, bukan bahasa bayi agar kosa kata bayi sudah dilatih dengan benar sejak dini.

Itulah tahap perkembangan bayi 4 bulan yang dapat dijadikan referensi bagi ibu muda. Setiap bayi adalah istimewa, jadi tahapan ini tak bisa dijadikan sebagai patokan mutlak untuk mengukur tumbuh kembang anak. Konsultasikan pada dokter jika ia berbeda dari bayi yang seumuran dengannya.